Beginilah Tips Menentukan Warna Efektif Untuk Website Anda

Spread the love

Dalam pembuatan desain website, skema warna menjadi unsur yang sangat penting dilakukan karena apabila Anda memilih warna yang bagus tentu saja akan menarik perhatian para penggunanya. Selain itu dengan adanya skema warna, website yang Anda buat tidak terlalu monoton dan tidak cepat membosankan, dan berpengaruh juga pada tampilan website agar semakin terlihat berkualitas, untuk itulah sangat penting dilakukan dalam memilih warna. Agar tidak salah dalam memilih, yuk ikuti terus dan baca sampai selesai artikel ini.

Dilihat dari segi ilmu psikologis pemilihan warna yang tepat akan mempengaruhi pengunjung website Anda dan merasa nyaman hingga membuat penasaran untuk mengunjunginya lagi, tidak hanya itu kombinasi warna yang tepat juga mampu mengubah perilaku para pengunjung agar tertarik untuk melakukan transaksi pembelian.

8 Skema Warna Website Yang Penuh Inspiratif

Dalam pemilihan warna untuk desain website tentu saja sangat berbeda dalam memilih warna untuk bangunan atau rumah, karena dalam hal ini tidak perlu menyewa desainer yang handal hanya untuk memilih warna tepat untuk website Anda. Berikut akan dijelaskan secara lengkap hanya untuk Anda.

  • Skema Warna Art History

Apakah Anda masih bingung untuk memilih warna yang bagus? Anda bisa  memilih Art History sebagai tampilan di website Anda, skema warna ini mengusung konsep dengan kombinasi warna hijau tua, biru laut, serta kuning terang. Jika Anda menyukainya langsung saja aplikasikan pada website Anda.

  • Skema Warna Fun and Professional

Konsep skema warna website yang kedua ini merupakan buatan dari Mark Dearman, dengan menerapkan kombinasi warna yang memiliki sifat warm. Ketika Anda mengaplikasikannya pada tampilan website Anda akan terlihat profesional, bersih, serta begitu tajam. Perpaduan antara warna kontras yang dipadukan menghasilkan warna yang apik.

  • Skema Warna Mute

Berbeda dengan konsep pada poin kedua yang lebih memilih menggunakan warna kontras, pada pilihan skema warna mute ini lebih memilih menggunakan less bright more subdued. Itu artinya akan membuat tampilan website Anda begitu menghangatkan serta warna yang begitu sederhana. Sehingga hal itu lebih mempermudah Anda dalam memadukan elemen yang bermacam-macam dalam desain website. Untuk referensi dalam konsep warna mute ini Anda bisa melihat desain website dari Martin Agency, dengan hanya menggunakan desain flat serta menggunakan empat unsur warna palet seperti paper, gold, silk, charcoal, mampu menghasilkan desain website yang begitu luar bisa, sederhana namun tetap elegan.

  • Skema Warna Modern and Clean

Perkembangan teknologi tidak hanya berdampak pada gadget saja, melainkan berpengaruh juga terhadap desain website. Banyak para designer yang lebih memilih menggunakan skema warna modern and clean, bahkan sudah menjadi tren dalam dunia website. Alasannya karena pada desain website ini menerapkan konsep elemen yang begitu simpel, dan juga terlihat bersih, rapih. Sehingga menimbulkan kesan yang bebas dari gangguan apa pun. Jika Anda penasaran bisa lihat oleh designer terkenal Benedict Leicht yang menggunakan kombinasi warna kontras, serta warna-warna terang dan dicampur menggunakan warna yang lebih soft, ada warna orang pudar dan abu-abu. Sehingga membuat tampilan pada desain website semakin cantik.

  • Skema Warna Neon Tones

Jika Anda sangat suka pada desain website yang memiliki konsep futuristik, warna neon tones sangat tepat Anda pilih. Perpaduan antara yang mencolok dengan warna bold, dalam hal ini memang terlihat begitu menabrakkan warna namun tetap kece dengan hasilnya yang bisa dikatakan stunning. Dalam pemilihan warna neon tones ada perpaduan ungu, hitam pekat, pink muda, serta biru. Sangat pas bukan untuk Anda yang suka bereksperimen? Cobalah dan buat tampilan website Anda semakin keren.

  • Skema Warna Minimalis

Skema kali ini lebih memilih dengan tidak menerapkan corak yang berlebihan alias sangat sederhana. Bisa liat pada kreasi website Inga Gudoniene, yang memadukan warna mute dengan hasil warna saturasi, kombinasi tersebutlah mampu menciptakan kesan klasik hingga keindahannya tak lekang oleh waktu. Karena konsep ini tidak perlu menggunakan palet yang banyak.

  • Skema Warna Bold and Warm

Jika Anda bosan dengan warna yang mencolok, terang, konsep ini bisa dijadikan referensi Anda. Pasalnya pada poin ini hanya menggunakan warna bold yang digabungkan dengan warna-warna hangat, hingga menciptakan desain website yang dreamy.

  • Skema Warna Clean and Highlighted

Konsep desain warna pada website yang terakhir yakni Clean and Highlighted, dengan mengusung konsep warna soft serta tidak melupakan fokusnya pada tema yang dipilih, Anda bisa menggunakan warna abu-abu dan biru muda, sekaligus warna netral.

Hal Penting Dalam Memilih Warna Website

Setelah Anda sudah tahu referensi dari skema warna yang bisa diterapkan pada tampilan website, tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin memilihnya. Misalnya saja, apa tujuan website yang Anda buat? Dalam hal ini apabila Anda memiliki tujuan untuk menjual barang, pilihlah warna yang menginspirasi agar menarik hati para pengunjung. Lalu jenis foto atau gambar apakah yang akan di letakan pada website Anda? jadi kombinasikan antara warna yang dipilih dengan foto yang akan di upload agar sinkron. Itulah artikel mengenai tips dalam memilih warna untuk desain website Anda.